Cara Mengurangi Food Cost untuk Restoran

food cost restoran

Cloudkitchen.id – Untuk kamu yang punya usaha restoran, kamu mungkin mencari cara mengurangi food cost. Tujuannya sederhana, kamu ingin meningkatkan margin keuntungan.

Kamu bisa mengurangi food cost dengan beberapa cara. Misalnya lewat melacak dan memantau makanan yang masuk ke restoran.

Sementara banyak restoran memesan bahan makanan dari pengiriman massal, kesulitan menggunakan semua bahan makanan tersebut sebelum basi masih menjadi masalah. Agar lebih efisien dan food cost berkurang, mari simak beberapa langkah berikut!

Hitung food cost yang kamu keluarkan

Food cost adalah biaya total yang restoranmu habiskan untuk memproduksi makanan dan minuman per porsinya. Menghitung food cost sendiri mungkin memakan waktu, tapi memproduksi makanan dan minuman sesuai budget dan menghitung keuangan dapat membantumu menghemat waktu, uang, dan makanan dalam jangka panjang.

Dalam menghitung persentase food cost, kamu perlu tahu inventory (stok persediaan), cost of goods sold (harga pokok penjualan), dan persentase food cost. Faktor-faktor ini bisa membantumu tetap pada budget dan melacak laporan laba rugi restoran.

Untuk menghitung persentase food cost, kamu bisa menggunakan formula: Harga Pokok Penjualan : Food Sales (Nilai/Harga Penjualan) X 100. Persentase food cost yang sehat berkisar antara 25 hingga 35 persen.

Harus konsisten dalam menghitung stok persediaan

Jangan pernah malas menghitung stok persediaan restoran. Usahakan untuk menghitung stok persediaan pada waktu yang konsisten, misalnya sebelum membuka restoran atau setelah menutup restoran setiap harinya. Langkah ini akan membantumu tetap konsisten saat menghitung stok persediaan dan persentase food cost.

Selain itu, konsisten memeriksa stok persediaan juga bisa memberimu gambaran tentang bagaimana dan seberapa banyak stok persediaan makanan digunakan atau dibuang.

Misalnya, jika kamu melihat susu tidak terpakai dan basi, kamu bisa mengurangi pesanan terhadap produk susu untuk mengurangi limbah makanan. Sebaliknya, jika dari hasil pemeriksaanmu restoran sering kehabisan keju mozzarella, kamu perlu meningkatkan jumlah pesanannya.

Jalin kerja sama dengan pemasok makanan

Jika kamu sudah paham seberapa banyak stok makanan yang restoranmu butuhkan untuk periode waktu tertentu, akan lebih mudah bagimu untuk bekerjasama dengan pemasok dalam menurunkan food cost.

Jika memungkinkan, kamu bisa mencari informasi tentang pemasok pesaing dan mempertimbangkan apa yang bisa mereka tawarkan. Namun, jika kamu sudah memiliki hubungan yang baik dengan pemasok saat ini, mintalah diskon atau penyesuaian harga dengan pemasok saingan.

Opsi lainnya adalah menyusun rencana membeli stok makanan dalam jumlah besar, tapi pesanannya dikirim dalam beberapa pengiriman, bukan sekaligus.

Memesan makanan dalam jumlah besar memang menghemat biaya, tapi dapat menyebabkan kerusakan makanan. Mengirimkan pesanan dalam beberapa kali pengiriman memastikan kamu selalu menyajikan makanan segar, mengurangi jumlah makanan yang terbuang, dan menghemat uang.

Kelola pesanan makanan

Maksudnya, kamu harus menerapkan beberapa kebijakan soal menu makanan yang kamu tawarkan. Berikut beberapa cara agar kamu bisa menghemat uang sekaligus menyajikan makanan berkualitas:

  • Batasi jumlah menu yang kamu tawarkan. Membatasi menu dapat mengurangi jumlah bahan makanan yang kamu butuhkan dan simpan. Ini tidak hanya dapat membantu mengurangi biaya dan pemborosan makanan, tapi juga ideal jika kamu fokus ke layanan takeout.
  • Luangkan lebih banyak waktu untuk melakukan persiapan sendiri. Jika kamu masak di rumah, membeli ayam yang sudah dipotong dagingnya dan dikuliti pasti menghemat waktu memasak. Tapi, prinsip ini tidak berlaku jika kamu ingin menghemat karena harga ayam seperti itu akan lebih mahal daripada membeli ayam utuh.
  • Pantau harga makanan dan pengaruhnya terhadap daftar belanja. Misalnya, jika harga seafood sedang naik, kamu mungkin harus menunda memasukkannya sebagai menu restoran.

Kontrol porsi makanan untuk mengurangi food cost

Jika kamu ingin mengurangi limbah makanan, kamu perlu mengontrol porsi makanan yang kamu berikan pada pelanggan. Caranya bisa dengan memantau berapa banyak makanan yang terbuang.

Jika pelanggan secara konsisten tidak menghabiskan hidangan, itu bisa berarti kamu memberi porsi yang terlalu besar. Sesuaikan porsi makanan untuk memperkecil jumlah makanan yang terbuang dan menghemat biaya makanan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *