Bikin Spageti Enak dengan 5 Saus Ini

spageti

Kamu yang suka makan spageti pasti tahu pentingnya saus untuk menyempurnakan hidangan asal Italia ini. Spageti tanpa saus ibarat sayur tanpa garam, atau bahkan lebih krusial karena kelezatan spageti tidak akan terasa tanpa saus yang tepat.

Nah, bicara soal saus, ada beberapa jenis saus yang biasa dan populer digunakan untuk hidangan spageti. Semua orang punya seleranya masing-masing, dan jika kamu tertarik mencoba hidangan spageti dengan saus baru, ada beberapa pilihan yang layak kamu coba. Berikut informasinya!

Saus Putih Carbonara

Spageti Carbonara/ Foto: Shutterstock

Umum disajikan dengan pasta penne atau fettucine, carbonara yang merupakan saus putih memiliki rasa gurih dengan tekstur yang creamy. Carbonara umumnya dibuat dari campuran pancetta, kuning telur, krim kental, keju parmesan, bawang putih, dan lada hitam. Penggunaan lebih banyak kuning telur daripada putih telur membuat carbonara begitu mewah dan kaya rasa.

Bolognese yang Populer

Spageti Bolognese/ Foto: Shutterstock

Bolognese adalah saus terpopuler yang mudah ditemukan di Indonesia dan disukai oleh kebanyakan orang Indonesia. Saus yang berasal dari kota Bologna, Italia ini terbuat dari tomat, daging sapi cincang, bawang putih, anggur dan rempah-rempah. Daging sapi cincang juga bisa diganti dengan daging cincang lainnya, seperti daging babi, ayam, dan daging lainnya. Saus Bolognese memiliki cita rasa seperti daging panggang dan anggur.

Pesto yang Kaya Rempah

Spageti Saus Pesto/ Foto: Shutterstock

Saus ini terbuat dari bawang putih cincang, kacang pinus, lemon, garam kasar, daun kemangi, dan keju parmesan yang semuanya dicampur dengan minyak zaitun. Rempah-rempah yang digunakan tersebut membuat Pesto menjadi saus yang relatif sehat dan enak. Pesto kaya akan Vitamin A, Vitamin C, kalsium dan zat besi. Saus ini adalah alternatif terbaik untuk jenis saus lain, seperti mayo, saus pasta krim, dan saus ranch.

Amatriciana yang Agak Pedas

Spageti Amatriciana/ Foto: Shutterstock

Amatriciana secara harfiah berarti wanita dari Amatrice, kota yang terkenal di Italia karena pecorino dan guanciale (pipi babi). Saus ini Ini terbilang sangat sederhana karena hanya menggunakan guanciale, tomat, dan keju pecorino, serta tambahan anggur putih, cabai, dan lada yang membuat saus ini terasa agak pedas. Bawang merah atau bawang putih sebenarnya jarang ditambahkan ke hidangan pasta karena orang Italia menganggapnya memiliki rasa yang terlalu kuat.

Puttanesca yang Khas

Spageti Puttanesca/ Foto: Shutterstock

Saus ini Ini terbuat dari campuran ikan teri, buah kaper, zaitun, dan bahan opsional seperti bawang putih, bubuk paprika merah, cabai, dan tomat. Tidak seperti saus tomat tradisional, saus puttanesca menghadirkan rasa yang benar-benar enak lewat perpaduan ikan teri dan minyak zaitun yang asin dan tomat manis yang manis. Tidak perlu khawatir karena saus ini tidak amis sama sekali, kamu bisa tambahkan lemon untuk rasa lebih kaya.

Itulah beberapa jenis saus yang bisa kamu coba untuk menikmati spageti yang enak. Jika kamu tertarik untuk membuka usaha aneka spageti dengan resep terbaik, kamu bisa mengikuti kurus dari Cloud Kitchen. Cek informasi lengkapnya dengan klik di sini. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *